TABEL 1. KETERANGAN MASTER PLAN
 

Peningkatan Mahasiswa
1.      Peningkatan Jumlah Mahasiswa
2.      Peningkatan Rasio pendaftar dengan daya tampung
3.      70% mahasiswa lulus tepat waktu
Peningkatan SDM
1.      Mengirimkan beberapa dosen untuk studi lanjut S3
2.      70% dosen tetap memiliki jenjang pendidikan S3.
3.      Jumlah Lektor Kepala dan Guru Besar 30% dari total dosen tetap
4.      80% dosen tetap sudah bersertifikat
Peningkatan Karya ilmiah
1.      75% dosen mampu menulis artikel di jurnal nasional terakreditasi
2.      20% nya di jurnal internasional
3.      50% mahasiswa mampu menulis artikel jurnal/proceedings.
4.      25% tesis mahasiswa merupakan penelitian bersama dosen dan mahasiswa
5.      Penggunaan Program Anti Plagiasi
Implementasi Nyata Kerjasama
1.      Kajian Hak Kekayaan Intelektual dengan UII
2.      Kajian Kebijakan Publik denga LAN Bandung
3.      Kajian Kebijakan Penataan Ruang dengan Dirjen Agraria dan Tata Ruang
4.       Kerjasama dengan 5 Perguruan Tinggi Dalam dan Luar Negeri untuk Visiting Profesor. Diantaranya UNDIP, UNPAD, UB, UNSOED, UNNES.
Pengembangan Kelembagaan
1.      Infrastruktur Pembelajaran Berbasis IT
2.      Penambahan Ruang Kelas menjadi berjumlah 17 ruangan, kondisi eksisting hanya tersedia 10 kelas
3.      Peningkatan satatus akreditasi A
4.       Penambahan Prodi Baru dan Pembukaan Prodi S3
5.       Nilai Akreditasi Prodi MH, MP, dan M.Bhs Ind Pada Posisis dalam batas minimum sehingga menyaratkan manajemen mawas diri

 

SASARAN DAN PROGRAM

TABEL 2. SASARAN KERJA PASCASARJANA

SASARAN INDIKATOR TARGET
2016 2017 2018 2019
Mengembangkan Program Studi dan Kurikulum Berbasis KKNI yang unggul dan kompetitif

 

1.      Tersusunnya kurikulum program magister yang mengacu pada KBK (kurikulum berdasarkan kompetensi) dan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia).
2.      Terbentuknya infrastruktur dan materi untuk proses pembelajaran berbasis IT.
3.      Para dosen tetap memiliki kemampuan menyampaikan materi berbasis e-learning.
4.      Mengirimkan beberapa dosen untuk studi lanjut S3
5.      Terbentuknya program Studi Baru S2
Menghasilkan penelitian dan Karya Ilmiah yang unggul dan kompetitif 1.     75% dosen mampu menulis artikel di jurnal nasional terakreditasi
2.     20% dari dosen tetap menulis di jurnal internasional.
3.     50% mahasiswa mampu menulis prosiding.
4.     35% tesis mahasiswa merupakan penelitian bersama dosen dan mahasiswa
5.     Penggunaan Program Anti Plagiasi
Meningkatkan kerjasama dengan berbagai instansi di dalam dan diluar negeri, yang dapat bermanfaat bagi masing – masing pihak 1.      Kerjasama dengan perguruan tinggi asing untuk penelitian dan pendidikan
2.      Visiting profesor denganperguruan tinggi asing.
3.      Kerjasama dengan lembaga pendidikan bertaraf internasional.
4.      Kerjasama dengan Instansi Swasta maupun pemerintah untuk mendapatkan hibah
5.      Kajian Hak Kekayaan Intelektual dengan UII
6.      Kajian Kebijakan Publik denga LAN Bandung
7.      Kajian Kebijakan Penataan Ruang dengan Dirjen Agraria dan Tata Ruang
Meningkatkan kualitas SDM 1.     100% dosen tetap memiliki jenjang pendidikan S3.
2.     Jumlah Lektor Kepala dan Guru Besar 30% dari total dosen tetap
3.     100% dosen tetap sudah bersertifikat
4.     Mengirimkan dosen untuk studi S3
Meningkatkan kualitas dan pengebangan kelembagaan 1.      Semua program studi mendapatkan akreditasi A. (jangka 2 kali periode akreditasi)

Peningkatan nilai Akreditasi
Nilai Akreditasi MiA 340
Nilai Akreditasi MH 314
Nilai Akreditasi MP 316
Nilai Akreditasi M Bahasa Indonesia 318

2.      Penambahan Prodi Baru dan Pembukaan Prodi S3 (Penjajagan Program Kegiatan Pengumpulan Kredit/KPK)
3.      Penggunaan Arsip Digital
Meningkatkan jumlah mahasiswa dan kualitas lulusan 1.      Promosi melalui berbagai media
2.      Pemberian Beasiswa
3.      Peningkatan Rasio calon mahasiswa
yang ikut seleksi : daya tampung
4.      70% mahasiswa lulus tepat waktu
5.      Infrastruktur Pembelajaran Berbasis IT
6.      Penambahan Ruang Kelas menjadi berjumlah 17 ruangan dari kondisi eksisting hanya 10 ruangan

GAMBAR 3. SASARAN DENGAN PENDEKATAN PROSES

INPUT
PROSES
OUTPUT
1.       Mahasiswa
2.    Pengajaran
3.    Pengembangan Prodi
4.    Penelitian
5.    Dosen
6.    Kerjasama
7.       Lulusan

 TABEL 2. SASARAN DAN PROGRAM

ELEMEN SASARAN PROGRAM
INPUT
1. Mahasiswa
 
Peningkatan Jumlah Mahasiswa Melakukan kegiatan pemasaran
secara terpadu dan fokus pada
sasaran market
PROSES
2. Pengajaran
 
 
 
 
 
 
3    Pengembangan
 
Tersusunnya kurikulum
program studi yang mengacu
pada KKNI

Terbentuknya infrastruktur
dan materi untuk proses
pembelajaran berdasarkan IT.

Terbentuknya program studi
Magister baru

Melakukan review kurikulum setiap 2tahun sekali dengan mengacu pada KKNI.

Membangun infrastruktur dan materi untuk proses pembelajaran
berdasarkan IT.

Membentuk program studi Magister Manajemen

4. Penelitian 80% dosen mampu menulis
artikel di jurnal nasional terakredtasi,
20%nya di jurnal internasional

50% mahasiswa mampumenulis  prosiding.

 

 

 

25% tesis mahasiswa

merupakan penelitian bersama dosen dan mahasiswa

Membuat sistem insentif yang

menarik bagi para dosen yang

produktif menulis artikel.

 

 

Mengadakan seminar call paper untuk mahasiswa dan dosen dan membuat jurnal online

 

Melibatkan mahasiswa   dalam

penelitian payung dosen

5. Dosen Para dosen tetap memiliki

kemampuan menyampaikan

materi berbasis e-learning.

 

Mengirimkan beberapa dosen

untuk studi lanjut S3

 

100% dosen tetap memiliki

jenjang pendidikan S3.

 

 

 

Jumlah Lektor Kepala dan      GuruBesar 30% dari total dosen

Tetap

 

100% dosen tetap sudah

bersertifikat

 

Pelatihan e-learning

 

 

 

Menyekolahkan dosen tetap

ke jenjang pendidikan S3

 

Membuat sistem insentif yang

menguntungkan para Lektor    Kepaladan Guru Besar yang sesuai dengan bidang studi Prodi

 

Memfasilitasi dosen yang  akan

mengikuti sertifikasi dosen

 

6. Kerjasama

 

Kerjasama dengan  perguruan

tinggi asing untuk penelitian

dan pertukaran dosen

 

Visiting profesor dengan

perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

 

Kerjasama dengan  lembaga

pendidikan profesi bertaraf

internasional.

 

Menjalin kerjasama    dengan

perguruan tinggi asing.

 

 

Menjalankan   Visiting profesor

dengan perguruan tinggi asing.

 

 

Menjalin kerjasama dengan      lembaga pendidikan  bertaraf

internasional.

 

OUTPUT

7. Lulusan

70% mahasiswa lulus tepat

waktu

 

Pembimbingan tesis terstruktur

Pelatihan software penelitian